Penyebab BlackBerry lama di launching

0
Selama ini, kabar mengenai waktu peluncuran BlackBerry selalu diliputi misteri, bahkan sering meleset dan molor dari perkiraan semula.

Terkait hal itu, Manager PR BlackBerry Indonesia, Yolanda Nainggolan, membeberkan penyebab lamanya waktu launching padahal BlackBerry yang akan dirilis sudah dikapalkan ke Indonesia.

"Ada beberapa tahapan sebelum perangkat BlackBerry bisa dilaunching di Indonesia, diantaranya harus melakukan tes jaringan dengan semua operator telekomunikasi. Dan kalau ada satu operator saja yang belum approval, tidak bisa dilanjutkan dengan proses selanjutnya," ujarnya, Jumat (5/7).

Proses selanjutnya adalah pengajuan type approval (TA) kepada Direktorat Standardisasi Kominfo, lalu baru maju ke Kemendag dan Kemenperin. Di Kemendag, BlackBerry harus menyerahkan semua IMEI produk yang akan dijual ke Indonesia sehingga membutuhkan waktu lama.

"Sudah begitu, Kemendag juga biasanya tidak menyetujui semua produk yang diajukan, bisa hanya sebagian, atau seribu unit saja atau dua ribu unit saja, padahal yang kita siapkan bisa puuhan ribu unit," keluhnya.

Itulah mengapa, ponsel black market (BM) lebih dulu dijual di sejumlah pusat penjualan ponsel karena tidak perlu melalui tahapan di atas.

Terkait maraknya ponsel BM, Yolanda menilai itu malah merugikan BlackBerry Indonesia, karena pencapaian BlackBerry Indonesia hanya bisa diukur dari penualan melalui distributor resmi. Maraknya ponsel BB BM, tambahnya, membuat laporan BlackBerry Indonesia ke global menjadi lebih kecil dari kenyataan pengguna BlackBerry yang ada di Indonesia.

"Penggunaan ponsel BM juga bisa merugikan pengguna, karena bisa jadi frekuensi yang bekerja di ponsel tersebut tak sesuai dengan yang disediakan operator di Indonesia," tuturnya.


sumber :  http://www.merdeka.com/teknologi/inilah-penyebab-blackberry-lama-di-launching.html
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Postingan Populer

Total Tayangan Laman