Apa maksud Microsoft tak hadirkan Office iPad

0
 

Kedatangan Microsoft Office iPhone bisa jadi merupakan strategi baru untuk meningkatkan penjualan software ini. Namun, di satu sisi, hal ini mungkin saja dijadikan kesempatan untuk membunuh dominasi iPad.
Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Microsoft diketahui memang tidak membuat Microsoft Office khusus untuk versi iPad. Dengan begitu, hanya iPhone saja yang bisa membuka bermacam file produktivitas seperti Word, Excel hingga PowerPoint.
Bahkan, Chris Schneider yang merupakan marketing manager dari Microsoft mengatakan bahwa mereka sedang tak ingin berkomentar mengenai rencana keberadaan iPad atau Android. Dikatakan, kedua perangkat tersebut hanya bisa menggunakan Microsoft dengan peramban internet saja, bukan lewat aplikasi khusus.
Hal ini dikatakan untuk meningkatkan penggunaan Office dalam perangkat mobile. Namun begitu, jika hal tersebut tujuannya, bukankah lebih cocok Office juga disediakan untuk iPad. Hal ini dikarenakan fungsi iPad kini yang sudah menjadi laptop baru bagi sebagian besar orang.
Jika bisa dianalisis, sepertinya memang ada niat tersendiri dari Microsoft. Selain untuk memasarkan Office, Microsoft terlihat seolah ingin mematikan pasar dari iPad.
Seperti diketahui, iPad sendiri merupakan tablet paling laris hingga saat ini. menurut IDC, pada kuartal keempat tahun lalu saja, penjualan tablet sudah bisa dibilang sangat memuaskan. Berdasarkan pantauan mereka, pada waktu itu, sebanyak 52.5 juta unit tablet telah terjual di seluruh dunia.
Adapun produsen yang mampu menguasai pasar tablet dunia tersebut adalah Apple. Dengan jumlah iPad sebanyak 22,9 juta unit, iPad menguasai market share dunia sebesar 43,6 persen. Meski begitu, untuk pertama kalinya dalam tahun ini Android berhasil kalahkan dominasi market share iPad.
Hal ini pun bisa jadi menimbulkan kecemburuan bagi Microsoft dan produk tabletnya seperti microsoft Surface. Seperti diketahui, penjualan Surface hingga kini masih belum bisa dibilang membanggakan, hal ini ditambah dengan penggunaan Windows RT dan 8 yang ternyata tak mampu menarik minat banyak orang.
Sehingga, bisa saja Microsoft kemudian mencoba untuk mengurangi pesaingnya dalam dunia tablet ini. Salah satunya, dengan tak menghadirkan Microsoft Office, salah satu aplikasi perkantoran paling laris, dalam iPad.
Patut diketahui, keinginan Microsoft untuk menandingi penjualan iPad sudah terlontar sejak lama. Bill Gates pernah menyatakan yakin bahwa mereka nantinya akan merasa frustasi. Hasilnya, pengguna iPad maupun tablet Android akan beralih ke tablet PC, seperti Surface contohnya.
"Pengguna iPad dan tablet Android mungkin tak pernah menyadari, namun banyak dari mereka frustasi karena tak bisa mengetik, membuat dokumen, karena tak ada Microsoft Office di sana. Tak ada yang ada di iPad tetapi tak dimiliki oleh Microsoft," kata Bill Gates.
Yang menjadi pertanyaan, apakah ini memang strategi dari Microsoft? Apakah strategi ini akan berhasil?


sumber :  http://www.merdeka.com/teknologi/apa-maksud-microsoft-tak-hadirkan-office-di-ipad.html
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Postingan Populer

Total Tayangan Laman