Nokia / Apple

0
 
Menurut IDC, Samsung masih menjadi vendor populer untuk kawasan Eropa sampai berakhirnya Q1 2013. Uniknya, di kuartal yang sama, Nokia berhasil samai peroleh Apple.

International Data Corporation (IDC) merilis bagan pengapalan unit dan market share perangkat mobile dari beberapa vendor terkenal untuk kawasan Eropa. Bagan tersebut juga menampilkan perbandingan perolehan dan jumlah per juta unit di kuartal pertama tahun 2012 dan 2013.

Namun, data tersebut adalah diperoleh dari penggabungan produk dengan kategori smartphone dan feature phone (ponsel).
Data IDC Mei 2013
Secara jelas, untuk dua kuartal di tahun yang berbeda ini, Samsung masih menjadi pemegang tampuk kepemimpinan. Uniknya, Apple sebagai kompetitor terdekat Samsung dan Nokia yang kabarnya harus berjuang mati-matian untuk dapat terus survive di dunia perangkat mobile, justru bersanding secara dekat.

Dari catatan IDC seperti dikutip Android Headlines (26/06), di kuartal pertama tahun 2013 ini, Apple telah mengapalkan sebanyak 6,2 juta unit untuk kawasan Eropa dengan perolehan market share sebesar 14 persen.

Uniknya pengapalan produk dari Nokia hanya terpaut sedikit saja dari apa yang telah dilakukan Apple. Dalam bagan IDC, di kuartal yang sama, Nokia berhasil kapalkan sebanyak 6,1 juta unit dengan perolehan market share sebesar 14 persen.

Walaupun keduanya mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan jumlah unit yang dikapalkan dan market share yang didapatkan untuk kawasan Eropa di kuartal yang sama di tahun 2012, namun posisi mereka masih kuat bertengger di peringkat dua dan tiga mengalahkan vendor lain seperti Sony, LG, HTC dan perusahaan lainnya.

Melihat dari data statistik tersebut, ada kemungkinan apabila Nokia masih dengan semangat juang yang tinggi dan Apple tetap pada kestatisan mereka dalam inovasi produk, tidak menutup kemungkinan bahwa perusahaan asal Finlandia ini mampu geser posisi vendor CUpertino itu di kemudian hari.

sumber :  http://www.merdeka.com/teknologi/nokia-ancam-posisi-apple.html
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Postingan Populer

Total Tayangan Halaman