Benarkah iPhone 5 Lemot

0
 
Beberapa waktu lalu, telah dinyatakan bahwa iPhone 5 ternyata smartphone kelas atas yang paling lemot di antara para pesaingnya.

Penilaian tersebut didapat berdasarkan pengukuran kinerja prosesor lewat benchmarking. Hasilnya, iPhone 5 tercatat menjadi perangkat paling lambat dibanding dengan BlackBerry Z10, Samsung Galaxy Note II, Google nexus, Sony Xperia Z, HTC One, dan Samsung Galaxy S4 yang melejit sebagai smartphone paling cepat, bahkan dua kali lebih cepat dari iPhone 5.

Dikutip dari Phone Arena (25/6), ada alasan tertentu yang membuat iPhone 5 menjadi smartphone paling lemot, salah satunya adalah perangkat besutan Apple tersebut adalh smartphone pabrikan lama yang diluncurkan pada September 2012 lalu. Sedangkan kompetitornya adalah perangkat baru yang rata-rata baru dirilis pada awal tahun 2013 ini.

Terlebih lagi, penilaian tersebut seperti hanya memandang dalam satu sisi, yaitu kecepatan prosesor saja. Penilaian yang dilakukan oleh Geekbench ini tidak melihat dari sisi grafis yang sebenarnya iPhone 5 memiliki kinerja grafis yang lebih baik ketimbang perangkat Android, seperti Galaxy S4. Bahkan hal tersebut merupakan unggulan dari iPhone 5.

Penilaian tersebut tidak akurat, beberapa pihak menyatakan bahwa hal tersebut sama saja membandingkan layaknya motor dan mobil. Motor memiliki kapasitas kecil untuk menampung orang namun dapat berlari dengan cepat. Sedangkan mobil memiliki kapasitas besar untuk menampung beberapa orang namun kurang cepat jika harus menempuh perjalanan dibandingkan dengan motor yang dapat fleksibel.

Sehingga, Geekbench telah melakukan penilaian yang tidak sepadan dan tidak berimbang, karena hanya mengutamakan satu sisi kelemahan iOS pada iPhone yang justru menjadi keunggulan untuk perangkat Android seperti Galaxy Note 2, HTC One, maupun Galaxy S4.

Apabila penilaian tersebut dilakukan dari berbagai aspek yang ada pada smartphone, bisa jadi iPhone tetap menjadi yang nomor satu. Lantas, pantaskah iPhone disebut smartphone lemot?
Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

Postingan Populer

Total Tayangan Laman